Thursday, 6 March 2014

Kopyokan Tema #9 - DIAM


Sekian lama tak bersua, kopyokan tema telah sampai pada babak ke-9 bertemakan DIAM, langsung saja ya, berikut foto-foto yang masuk ke galeri kopyokan tema. Mulai tema kali ini, akan ada rubrik baru di galeri WiN, yaitu review foto untuk pemenang tema. Untuk tema”diam”, juri sudah memilih foto dari Satrio Binusa sebagai pemenang tema kali ini. Dan berikut review dari Benny Susanto sebagai juri :


Satrio Binusa

“Kali ini foto yang terpilih sebagai pemenang, sangat mewakili tema “diam”. Kekuatan foto terletak pada pemilihan subyek statis, yaitu kursi. Terlihat dalam foto, bahwa terdapat dua kursi yang tampak serupa namun berbeda. Jika lebih kita cermati, salah satu kursi tampak berbeda dari kursi yang lain. Perbedaan nya terletak pada roda. Salah satu kursi dalam frame ini memiliki roda. Pertanyaan sederhana nya, apakah kursi yg memiliki roda, sengaja berpose atau berada disitu? Tentu nya yang didapatkan dari visual frame kursi tersebut secara bersamaan menangkap unsur dinamis dari benda statis. Singkat nya semua benda tersebut diam. Jika boleh ditambahkan, untuk memvisualkan frame tersebut dibutuhkan imajinasi yang cukup liar di jalanan, sehingga dapat dengan cepat dan tepat menangkap, memvisualisasikan dan mengeksekusi moment.

Berikut juga disertakan review dari pemilik foto yg keluar sebagai pemenang tema kali ini, yaitu saudara Bayem. Menurut Bayem, bahwa foto yang diikutkan dalam kopyokan tema kali ini, memiliki penjelasan yang hampir serupa dengan apa yang dipaparkan oleh juri, Bayem menambahkan, bahwa pemilihan obyek dalam foto ini, kursi adalah sebagai penguat unsur diam, yang mana di dalam frame terdapat dua obyek yang sama, yaitu kursi. Yang kita ketahui, salah satu obyek nya adalah kursi dari semen (bangku), di bandingkan dengan kursi yang lain (kursi dengan roda). Disini unsur “diam” yang coba di tangkap dan divisualisasikan oleh Bayem. Kita ketahui bahwa kursi adalah benda statis, namun keberadaan kursi dengan roda di dekat tempat duduk dari semen itu, seolah-olah menyampaikan bahwa kedua kursi itu berada dalam titik “diam” secara bersamaan. Begitu kira-kira ulasan dari kedua belah pihak yang merasa foto ini sebagai foto paling tjiamik tema kali ini. Salam!




Muhamad Iqbal


Arif Furqan


Donny Hary


Ichwan Susanto


Andi Brata