Tuesday 2 September 2014

Kopyokan Tema #16 - Instinct

Welcome September! Mantapkan langkah kaki-kaki kecil kita menapaki jalanan di pagi dan sore hari sambil ucapkan selamat tinggal pada bulan Agustus yang telah lalu. Tentunya ini menjadi tugas kami juga untuk menyapa hangat kalian semua rekan-rekan yang dengan setia menanti celoteh kami di awal  bulan. Awal bulan ini kita akan membahas tentang “instinct” yang kebetulan terpilih sebagai tema kopyokan pada bulan Agustus. Tema yang dikerjakan kali ini adalah usulan dari Dora Nurf, yang mana juga telah disediakan hadiah menarik dari pemilik tema yang terpilih,dengan harapan bisa memacu semangat rekan-rekan dalam perburuan visual, yaitu berupa 2 roll film Fuji Superia 200. Seperti yang sudah terjadi sebelum nya, tema yang akan dibahas kali kira nya cukup mudah jika dinarasikan dengan bahasa yang lugas, tapi apakah ini akan berlaku sama, ketika “Instinct”dipaparkan dengan media visual, melalui sebuah foto? Jawaban ini tentu nya sudah tersimpan masing-masing dalam benak rekan-rekan WiN yang sudah mempersiapkan diri untuk melakukan pencarian visual yang tepat untuk tema yang dikerjakan. Terlepas dari siapa yang berhasil memvisualisasikan “instinct” dengan tepat, setidak nya rekan-rekan sudah memiliki pemahaman tersendiri dalam menyampaikan “instinct” dalam sebuah frame.
  
Ichwan Susanto
Perburuan “instinct” kali ini, dimulai di awal bulan Agustus. Rekan-rekan mulai melantai, mengukur aspal, atau sekedar jalan santai demi dapatkan sebuah frame yang sesuai dengan tema kali ini. Ada yang melakukan perburuan seorang diri, menyusuri jalanan untuk dapatkan moment yang sesuai visualisasi di benak masing-masing. Ada juga yang berburu secara berkelompok. Rekan-rekan dibebaskan untuk menggunakan segala kejelian dan kenakalan nya dalam menangkap serta menterjemahkan visual ke dalam frame. Meminjam perkataan seorang senior penggiat street bahwa “semakin liar, semakin bagus”.

Sebulan berlalu, kini tiba di penghujung Agustus, dan kini saat nya untuk penyerahan hasil tangkapan masing-masing kepada juri, untuk ditimbang atau mungkin ditendang karena frame nya mbleset. Jadi siap-siap untuk dag dig dug, menunggu penilaian Juri. Berikut hasil tangkapan rekan-rekan kali ini :

Satrio Binusa


Muhammad Iqbal


Arif Furqan


Andi Brata


Donny Hary


Dora Nurf

Setelah memandang, menimbang, dan sedikit bimbang, akhir nya juri memutuskan bahwa, hasil tangkapan yang sedikit ciamik kali ini dimenangkan oleh Ichwan Susanto. Kami ucapkan selamat untuk Mas Ichwan, karena tangkapan nya terpilih sebagai pemenang tema kali ini. Namun entah mengapa, juri merasa bahwa dalam kopyokan kali ini foto-foto yang masuk terasa hambar, terasa bahwa rekan-rekan mulai kehilangan spirit dalam berimajinasi dan eksekusi, mungkin karena jam terbang tinggi yang menyita waktu memotret di akhir pekan. Dengan sedikit kekecawaan Om ben mengungkapkan, “foto pada tema kali ini nampak tidak serius, seperti kehilangan mood. Satu hal yang digaris bawahi juga adalah, bahwa foto yang terkumpul tidak sanggup bikin juri nya untuk misuh . Bisa dibilang mengalami penurunan kulaitas foto untuktema kali ini, seperti kurang greget. Jujur saja, untuk pemenang kali ini tidak sampai jadi juara 1 untuk kriteria level foto di galeri WiN, boleh dibilang hanya sampai angka 2,5 saja. Bukan 1. Yang jadi sorotan juga, beberapa foto, komposisi nya terkesan kurang diperhatikan.  Seolah ini bukan foto dari imajinasi kalian yang liar, yang begitu saya kenal. Apakah in terjadi karena dirudung rasa bosan, atau kurang nya gairah dalam perburuan, karena hasil frame yang terkumpul jauh dari seperti pada tema-tema sebelumnya. Setidak nya ini bisa dijadikan pengalaman untuk tetap berkarya dengan baik kedepan nya. Tetap solid dan saling beri masukkan yang membangun demi kebaikan bersama.
Selaku pemenang tema kali ini, Ichwan Susanto angkat bicara mengenai foto nya yang keluar sebagai pemenag. Ichwan berpendapat jika untuk tema kali ini, memilik waktu perburuan yang cukup terbatas dibandingkan tema-tema sebelumnya. Fokus banyak tercurah pada pemotretan event 17 Agustus-an. Setidak nya saya ucapkan terima kasih pada juri, atas pilihan nya terhadap foto saya sebagai pemenang tema kali ini.

Terlepas dari kekecewaan Juri dan juga problematik yang sedang melanda imajinasi rekan-rekan Malang, sebetulnya kami punya kabar gembira bagi rekan-rekan yang berada di luar kota dan ingin mengikuti kopyokan tema. Dalam rangka dua tahun walking in ngalam kami mengundang rekan-rekan dari luar kota untuk ikut berpartisipasi dalam kopyokan tema dengan mengirimkan foto terbaiknya dengan pendekatan street photography ke email walkingalam@gmail.com. Dan tema yang terpilih untuk periode bulan ini adalah “1 7 an” alias “Satu Tujuan”. Foto terakhir dikumpulan pada tanggal 27 bulan September sehingga penjurian akan bisa dilakukan di akhir bulan. Sementara ini kami mengundang rekan-rekan dari Kota Yogya dan Solo untuk iku berpartisipasi. Keterangan lebih lanjut silahkan hubungi kontak kami via sms/whatssapp di +6287859851381 atau +6281803055678



SEE YOU ON KOPYOKAN TEMA #16 - 1 7-an