Sunday 11 June 2017

Puasa dan Kolaborasi


Relasi dan kolaborasi antar komunitas adalah suatu hal yang penting untuk keberhasilan acara-acara yang akan digelar kedepannya. Untuk merawat hal tersebut, dan sebagai ajang silaturrahmi, Walkingalam bersama dengan Komunitas Dari Masa Lalu, mengadakan Buka Bersama pada Sabtu, 10 Juni 2017 di Rumah Masa Lalu Jl. Dr. Sutomo 12, Kota Malang.


Acara buka bersama yang bertepatan dengan 15 Ramadhan 1438 H, diawali dengan Nonton Bareng Film Dokumenter dan Workshop Cuci Film Hitam Putih. 10 orang peserta workshop yang berasal dari pencinta fotografi analog di Kota Malang, sangat antusias melakukan langkah demi langkah perlakuan pencucian film hitam putih dari awal sampai akhir. Ragam jenis film hitam putih milik para peserta akhirnya sukses menjadi klise-klise yang siap discan dikemudian hari. 

“Ini merupakan pengalaman pertama saya motret dengan film hitam putih dan mencucinya sendiri, senang karena berhasil, jadi ketagihan meski awalnya agak stress ketika sempat gagal loading film ke devtank” -- Harni, salah satu peserta workshop





Buka bersama ini juga dihadiri komunitas-komunitas fotografi yang selama ini sering berkolaborasi dalam berkegiatan dengan walkingalam. Komunitas Malang Photo Club (MPC) Malang, Instanusantara Malang, A Day To Walk, PFI Malang, Sunday School adalah yang hadir. Selain itu juga beberapa komunitas fotografi mahasiswa di Kota Malang.
Acara berakhir dengan makan bersama setelah shalat maghrib berjamaah. Andi Brata, Ketua Pelaksana acara ini menyampaikan, bahwa selama ini puluhan komunitas fotografi di Kota Malang menjadi relasi dan kolaborator dalam berkegiatan, dan semoga kedepannya tetap bersinergi untuk dunia fotografi Malang Raya, “Semoga ini menjadi media silaturahmi untuk semakin mensolidkan komunitas fotografi di Malang, terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara ini khususnya yang sudah hadir diacara ini, Takbirrr !!!” ujarnya sambil mematikan lampu Rumah Masa Lalu pertanda acara sudah selesai.





Selamat melanjutkan ibadah di bulan ramadhan, semoga hari kemenangan menjadi milik kita. (m1q)