Saturday, 5 July 2014

Kopyokan Tema #13 - Tersinggung

Hai, jumpa lagi dengan kami di kopyokan Tema WiN. Apakah kalian sudah tidak sabar menunggu untuk kopyokan kali ini? Semoga saja kalian tidak perlu repot menunggu kami untuk beritahukan kabar mengenai kopyokan ini. Karena kami pun sebenr nya sabar untuk menunggu satu bulan berlalu, dan  memulai menulis tentang review pemenang tema kopyokan ini. Kami kira cukup basa- basi nya, kembali pada menu utama.


Seperti biasa, ritual yang harus dilalui sebelum menulis review ini adalah kopyokan tema itu sendiri. Setelah melalui proses pemilihan tema yang dilakukan dengan cukup demokratis, maka kali ini keluar lah tema dengan tajuk “tersinggung”. Untuk kesekian kali, tema yang berhasil terpilih, benar-benar bikin peserta cukup pening untuk dapatkan pre visualisasi akan tema terpilih. Kali ini tema yang terpilih adalah tema milik Donny Harry Putra, dengan hadiah satu Roll film Kodak Tri-x asa 400.

 
Satrio Binusa





Satu bulan berlalu begitu cepat, hingga tiba pada saat pengumpulan foto untuk segera di juri dan diumumkan siapa yang beruntung untuk memenangkan kopyokan kali ini. Agaknya beberapa foto yang masuk kali ini cukup buat juri “tersinggung”, karena harus berfikir cukup lama dalam tentukan pemenang tema kali ini, karena menurut juri, foto yang terkumpul untuk tema kali ini bener-bener bikin pusing.
 
Donny Hary

Arif Furqan

Andi Brata

Muhamad Iqbal

Ichwan Susanto

Dora Nurf
Akhirnya Juri sedikit beri sedikit clue mengenai foto yang keluar sebagai pemenang kopyokan tema kali ini. Berikut pendapat dari juri : “foto pemenang kali ini mendapatkan persamaan point pada persamaan sekaligus perbedaan pada tenaga kuda. Ditambah dengan arah antara dua subyek dalam frame yang menunjuk arah yang saling berlawanan yaitu ke kanan dan kiri. Yang menarik dan cenderung lucu dari frame ini adalah posisi rider nya yang sudah berada dalam posisi siap untuk balapan, tapi posisi sepeda masih dalam keadaan terstandar.


Untuk foto pilihan juri kali ini, pemenang nya atas nama Bayem. Sedikit menambahkan dari apa yang sudah disampaikan oleh juri, bayem berpendapat bahwa dalam frame kali ini sarat dengan hal yang sama sekaligus berlawanan di sisi yang lain. Beberapa hal itu ialah seperti perbandingan antara kuda yang berlari dengan seorang rider yang dalam posisi siap balapan, arah yang berlawanan, serta gesture antara dua obyek dalam frame. Kontradiksi disini yang oleh bayem digarisbawahi untuk ditarik benang merah pada tema kopyokan kali ini.