Sunday 18 December 2022

Walkingalam Of The Week - Edisi 252

Selamat kepada M. Yasyifun Nanda Abdullah (@nandamendol), fotonya terpilih sebagai Walkingalam Of The Week ke 252. Walkingalam Of The Week (OTW) merupakan featured image rutin dari Walkingalam untuk mengapresiasi nawak-nawak yang telah menggunakan tagar #walkingalam di unggahan feed instagram mereka. 

Muhammad Yasyifun Nanda Abdullah
Walkingalam OTW edisi kali ini dipilih oleh sam Mamex. Berikut penjelasan beliau terkait pemilihan foto mas Nanda.

"Menurut pandangan saya, foto ini menggambarkan kerinduan akan hiburan rakyat yang murah meriah. Selain itu, juga hiburan pasca pandemi yang memukul perekonomian rakyat. Dari pengamatan masyarakat sekitar, venue ini sudah agak berubah dari yang lalu, dimana pasar malam yang berada di kawasan Sudimoro ini lebih menampilkan atau mengutamakan penjualan kuliner. Beda dari pasar malam sebelumnya yang lebih menampilkan wahana bermain untuk anak.

Wajar, karena pasar malam ini berdekatan dengan hingar bingar kegiatan anak muda, khususnya kalangan mahasiswa. Untuk wahana bermain anak, saya rasa tidak akan menguntungkan. Maka dari itu berjualan kuliner adalah hal yang masuk akal secara bisnis.

Pada foto ini pun ada bianglala, yang merupakan identitas suatu pasar malam. Meski demikian, kita tahu bersama di Alun-alun Kota Batu juga terdapat bianglala. Saya berimajinasi, bianglala di pasar malam ini merupakan "saingan" dari yang ada di Batu, sehingga bisa mengandung unsur sindiran: Kota Malang sebetulnya mau membranding diri sebagai kota apa? Kota Wisata? Kota Pelajar? Kota Kembang?

Semangat dari mas Nanda untuk merekam hadirnya hiburan rakyat ini patut diapresiasi. Siapa tahu, pasar malam selanjutnya sudah tidak lagi menampilkan wahana tersebut?"
Demikian penjelasan sam mamex. Sekali lagi selamat untuk mas Nanda.

Nawak-nawak yang lain, ayo terus upload foto kalian seputar Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu) menggunakan tagar #walkingalam. Boleh juga kalau mau tag akun @walkingalam di foto tersebut. Karya foto yang terpilih akan kami tampilkan di website ini, dengan tetap menampilkan nama fotografer. Sodrek terus, ker...!!!

No comments: