Monday 23 January 2023

Walkingalam Of The Week - Edisi 256

Selamat kepada Mamex Erdianto (@mamexerdiantocentangbiru), fotonya terpilih sebagai Walkingalam Of The Week ke 256. Walkingalam Of The Week (OTW) merupakan featured image rutin dari Walkingalam untuk mengapresiasi nawak-nawak yang telah menggunakan tagar #walkingalam di unggahan feed instagram mereka.

Mamex Erdianto

Walkingalam OTW edisi kali ini dipilih oleh Akbar Haramain. Berikut penjelasan terkait pemilihan foto mas Mamex.

"Perayaan tahun baru imlek yang sangat meriah di Klenteng Eng An Kiong, Malang, selepas pandemi, yang membatasi gerak kita dan acara-acara besar di Indonesia dalam dua tahun terakhir. Hiburan dan pentas perayaan menyambut tahun kelinci air terselenggara dengan meriah salah satunya yaitu atraksi naga seperti yang diabadikan oleh nawak @mamexerdiantocentangbiru.

Bila melihat foto di atas, yang memiliki komposisi yang ciamik, dengan foreground wanita sedang bermain simbal dan rekan lainnya yang menabuh gendang, membuat atraksi naga terframing apik. Apalagi momentum liukan naga yang di puncak, seakan ingin memakan salah satu hiasan lampion klenteng. Cuaca yang cerah juga menambah aksesn tersendiri dalam foto, yang membuat light and shadow pada sebuah frame ini menjadi dinamis.

Terlepas dari komposisi foto, menurutku tak adanya penanda sisa-sisa pandemi dalam frame inilah yang membuatnya menarik. Seakan perayaan meriah ini seperti perayaan-perayaan sebelumnya, jadi bukannya New Normal melainkan Back to Normal.

Pandemi diibaratkan tak pernah ada, atau terasa memang sudah tiada. Bahkan sudah banyak masyarakat yang lupa sulitnya masa paceklik yang telah melanda dunia. Sejak anjuran masker sudah dicabut, banyak serba-serbi atribut pandemi mulai ditinggalkan (yaaa, walaupun masih ada beberapa tempat yang masih menerapkannya).

Hal ini membuat gagasan kebiasaan baru seperti jadul dan masyarakat umumnya kembali ke kebiasaan lama. Intinya foto ini timeskip dengan tak adanya perbedaan sebelum dan sesudah covid dalam perayaan hari besar dan kehidupan masyarakat kita."
Demikian penjelasan Akbar. Sekali lagi selamat untuk mas Mamex.

Nawak-nawak yang lain, ayo terus upload foto kalian seputar Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu) menggunakan tagar #walkingalam. Boleh juga kalau mau tag akun @walkingalam di foto tersebut. Karya foto yang terpilih akan kami tampilkan di website ini, dengan tetap menampilkan nama fotografer. Sodrek terus, ker...!!!

No comments: