Monday 13 March 2023

Walkingalam Of The Week - Edisi 263

Selamat kepada Rizal Pratama Nugroho (@rizal.pr.n), fotonya terpilih sebagai Walkingalam Of The Week ke 263. Walkingalam Of The Week (OTW) merupakan featured image rutin dari Walkingalam untuk mengapresiasi nawak-nawak yang telah menggunakan tagar #walkingalam di unggahan feed instagram mereka.

Rizal Pratama Nugroho

Walkingalam OTW edisi kali ini dipilih oleh Akbar Haramain. Berikut penjelasan terkait pemilihan foto Rizal.

"Apa hal menarik dari foto feature OTW ke 263 ini? Benar, daya tarik utama foto ini ada pada anjing, seperti yang umumnya opini teman-teman sekalian sampaikan di diskusi tipis terkait foto otw ini di grup WA Walkingalam beberapa hari lalu. 

Hasil dari diskusi kemaren rerata jawaban teman-teman sungguh menarik. Ada yang menjawab karena komposisi, momen, fokus dan cerita. Dari beberapa hal itu tak ada yang menjelaskan detail menariknya di mana, dan pada akhirnya memang harus si juru foto sendiri yang memberi penjelasan perihal momen yang ia dapat. 

“Foto yg dipilih utk diupload adalah "jepretan" ketujuh untuk subyek anjing tersebut. Sebetulnya ada 2 anjing jenis Pomeranian (semoga bener). Yang satunya warna hitam, panggilannya Honey. Kedua anjing tsb diajak jalan² oleh sepasang pemiliknya di CFD memakai tali harnes. Namun, strolernya turut dibawa serta. 

Pada saat motret 2-3 kali di awal, stroler kosong itu sudah bisa ketebak bakal difungsikan utk apa. Ndilalah, anjing Pome yang putih itu mulai "ngambek". Jadinya tak fokuskan dulu ke subyek ini hingga mendapat visual yang malam ini jadi pemantik diskusi.” 

Begitu lah penjelasan dari mas rizal soal latar belakang lahirnya visual anjing tersebut. 

Karena banyak dari teman-teman yang sudah ngeh apa senjata utama dari foto anjing itu maka aku rasa cukup menambahkan sedikit catatan kenapa foto itu terpilih dan pastinya di luar dari juxtaposition pada foto tersebut. 

Seperti penjelasan dari si juru foto yang sepertinya cukup paham dunia peranjingan, bisa di tarik kesimpulan bahwa ada transformasi perilaku dari pengunjung CFD Ijen yang biasanya mengajak jalan-jalan anjing menggunakan tali peliharaan sekarang sudah ada yang menggunakan stroler dan pastinya anjing itu adalah anjing yang spesial atau dispesialkan, entah dari rasnya atau lainnya (aku kurang anjing untuk mengetahuinya hihi).

Tak hanya soal stroler yang membuat ia (anjing) special, pun terlihat jelas pada baju pemilik nya sendiri yang bergambar anjing itu loohh.. Spesial sekali bukan? 

Kespesialan itu bisa kita terka-terka alasannya. Salah satunya adalah bisa saja si anjing merupakan artis di media sosial dimana hal tersebut lumrah zaman sekarang. Banyak peliharaan yang punya follower ribuan di instagram, tiktok dll.

Sebagai catatan pada diskusi tipis itu mas rizal sempat mengirimkan foto aslinya sebelum diedit. Di foto tersebut yang ku cermati bahwa memanglah anjing tersebut adalah selebgram karena pada sisi depan baju si pemilik terdapat logo serta akun ig si anjing itu. Kesimpulannya foto anjing ini memang lah menarik, merekam sebuah perubahan laku masyarakat khususnya relasi antara si pemilik dan peliharaannya. "

Nawak-nawak yang lain, ayo terus upload foto kalian seputar Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu). Gunakan tagar #walkingalam dan tag akun @walkingalam di foto tersebut. Karya foto yang terpilih akan kami tampilkan di website ini, dengan tetap menampilkan nama fotografer. Sodrek terus, ker...!!! 

No comments: