Monday 17 April 2023

Walkingalam Of The Week - Edisi 267

Selamat kepada Radea Khaleda Lestanto (@rakhaleda), fotonya terpilih sebagai Walkingalam Of The Week ke 267. Walkingalam Of The Week (OTW) merupakan featured image rutin dari Walkingalam untuk mengapresiasi nawak-nawak yang telah menggunakan tagar #walkingalam di unggahan feed instagram mereka. 

Radea Khaleda Lestanto

Walkingalam OTW edisi kali ini dipilih oleh Rizal Pratama. Berikut penjelasan terkait pemilihan foto mas Radea.

"Sebuah foto tidak hanya tentang bagaimana memikat mata, tapi juga menyentuh perasaan. Apapun pendekatan yang digunakan dalam mengambilnya, entah street ataupun dokumenter. Pemaknaan terhadap sebuah foto pun bisa berbeda antara satu orang dengan yang lain.

Foto yang diunggah oleh mas Radea menghadirkan mood yang unik bagi saya. Cahaya yang jatuh menyilang di area yang teduh, dipadu elemen warna yang minimalis, memberikan nuansa sejuk sekaligus hangat. Selain itu, ada korelasi antara elemen pada foto dengan hiruk-pikuk di linimasa.

Seorang anak muda yang menggenggam ponsel, dan seekor burung dalam sangkar, berada persis di atasnya. Seolah menyimbolkan bagaimana generasi muda seperti tidak punya kebebasan di era digital saat ini.

Simbol ini membawa imajinasi saya berkelana pada sosok anak muda di Lampung yang bersuara lewat media sosial miliknya. Kebebasan bersuara anak muda itu terhadap kondisi di kampung halamannya, coba dibungkam. Coba dimasukkan ke dalam "sangkar". Oleh siapa? Dugaan saya, oleh pihak yang merasa tidak suka dan memiliki relasi dengan kekuasaan.

Jika membaca penjelasan di unggahan mas Radea, tercantum bahwa ini adalah foto lama. Walau demikian, kami bersyukur mas Radea akhirnya mengunggah foto ini (tentunya dengan #walkingalam), sehingga memberikan makna baru untuk fotonya. Sebuah pengingat bagi kita terhadap kalimat yang sering digaungkan oleh kru walkingalam: Sodrek terus ker, ojo lali hestek e..!!!"

Nawak-nawak yang lain, ayo terus upload foto kalian seputar Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu). Gunakan tagar #walkingalam dan tag akun @walkingalam di foto tersebut. Karya foto yang terpilih akan kami tampilkan di website ini, dengan tetap menampilkan nama fotografer. Sodrek terus, ker...!!!

No comments: