Monday 15 May 2023

Walkingalam Of The Week - Edisi 269

Selamat kepada Fendra Pratama (@fenamaa), fotonya terpilih sebagai Walkingalam Of The Week ke 269. Walkingalam Of The Week (OTW) merupakan featured image rutin dari Walkingalam untuk mengapresiasi nawak-nawak yang telah menggunakan tagar #walkingalam di unggahan feed instagram mereka.

Fendra Pratama 

Walkingalam OTW edisi kali ini dipilih oleh Tufail Rosyad. Berikut penjelasan terkait pemilihan foto mas Fendra.

"Tragedi kanjuruhan merupakan tragedi yang kelam bagi Kota Malang dan juga sepakbola Indonesia. Suatu tragedi yang tidak akan pernah bisa dilupakan. 

Foto dari @fenamaa ini saya pilih karena menjadi pengingat bahwa kota Malang masih berjuang dalam tragedi kanjuruhan. Foto yang ditampilkan dengan nuansa hitam putih, elemen baliho (Tuntas Tragedi Kanjuruhan) dan seorang lelaki yang duduk termenung di pinggir jalan menghadap ke arah baliho seperti mempertanyakan “apakah sudah tuntas perjuangan tragedi Kanjuruhan?”

Saya ingat beberapa kali ketika obrolan warung kopi bersama teman, ada ucapan yang mengatakan bahwa setiap orang yang lahir di kota Malang sudah bisa disebut “Arek Malang”. Dengan begitu, ada tanggung jawab moril ketika saudara kita “Arek Malang” ditimpa musibah. 

Caranya? Masing-masing orang bisa berbeda. Sebagai pelaku foto jalanan, kita bisa memberikan foto-foto realita di ruang publik kota Malang yang masih berjuang demi keadilan dalam tragedi Kanjuruhan. 

Sebagaimana halnya fotografi dapat memainkan peran advokasi karena foto-foto dapat memiliki kekuatan untuk membawa pesan yang kuat untuk mempengaruhi opini publik. Dalam konteks advokasi, fotografi dapat dapat digunakan untuk memperjuangkan hak-hak individu atau kelompok yang tidak terwakili secara adil dalam masyarakat. "

Nawak-nawak yang lain, ayo terus upload foto kalian seputar Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu). Gunakan tagar #walkingalam dan tag akun @walkingalam di foto tersebut. Karya foto yang terpilih akan kami tampilkan di website ini, dengan tetap menampilkan nama fotografer. Sodrek terus, ker...!!! 

No comments: