Monday 24 July 2023

Walkingalam Of The Week - Edisi 274

Selamat kepada M. Yasyifun Nanda Abdullah (@nandamendol), fotonya terpilih sebagai Walkingalam Of The Week ke 274. Walkingalam Of The Week (OTW) merupakan featured image rutin dari Walkingalam untuk mengapresiasi nawak-nawak yang telah menggunakan tagar #walkingalam di unggahan feed instagram mereka. 

Muhammad Yasyifun Nanda Abdullah

Walkingalam OTW edisi kali ini dipilih oleh Rizal Pratama. Berikut penjelasan terkait pemilihan foto mas Nanda.

"Malang Raya di pekan kemarin ramai dengan berbagai agenda karnaval. Karnaval bersih desa istilah yang sering kita dengar. Karnaval bersih desa merupakan tradisi yang telah lama mengakar di masyarakat. Biasanya dilakukan pada bulan Suro menurut penanggalan Jawa. 

Di antara foto-foto yang terunggah dengan tagar #walkingalam maupun yang nge-tag akun walkingalam, mas Nanda mengunggah foto kegiatan tersebut. Kehadirannya sangat kontekstual, juga sejalan dengan semangat merekam aktivitas dan emosi kota.

Adegan yang disajikan pun menguatkan karnaval sebagai budaya yang menampilkan kreativitas seni. Sesuatu yang sangat perlu digaungkan, mengingat ada keresahan dari netizen yang mengkritisi mulai bergesernya paradigma peserta karnaval. Karnaval yang kental dengan nuansa budaya lokal, mulai bersaing dengan adu mekanik sound system pengiring karnaval yang memekakkan telinga.

Kejelian mas Nanda menangkap momen anak kecil bermain dengan atribut karnaval turut membawa pesan: generasi penerus masih memiliki minat terhadap budaya Indonesia."

Demikian penjelasan dari Rizal. Sekali lagi selamat untuk mas Nanda.

Nawak-nawak yang lain, ayo terus upload foto kalian seputar Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu) menggunakan tagar #walkingalam. Boleh juga kalau mau tag akun @walkingalam di foto tersebut. Karya foto yang terpilih akan kami tampilkan di website ini, dengan tetap menampilkan nama fotografer. Sodrek terus, ker...!!!


No comments: