About

apa itu walking in ngalam? 
walking in ngalam adalah sebuah wadah bagi penggiat fotografi dokumenter khususnya di Kota Malang, Jawa Timur. Berawal dari kegiatan memotret tiap akhir pekan, rekan-rekan kemudian berkeinginan untuk membuat sebuah galeri online serta wadah kecil bagi penggiat street photography untuk berdiskusi, berbincang, dan bertukar opini. Setelah beberapa tahun, walking in ngalam yang namanya agak susah disebutkan ini akhirnya tampil pertama kali di website gratis tak berbayar pada Agustus 2012. Sempat terjadi pembekuan kegiatan yang cukup berkepanjangan, namun karena kami merasa bahwa galeri online ini sangat penting untuk pengarsipan visual Kota Malang, maka kami harus berjalan lagi, walaupun pelan namun konsisten. Demikian akhirnya website ini kembali menampilkan foto dokumenter di Malang Raya meliputi wilayah kota, kabupaten. Melalui website ini kami berusaha mengumpulkan karya foto sebagai penanda perkembangan dan perubahan kota Malang, terutama dengan pendekatan street photography.


apa itu street photography (SP)? 
definisi dari SP secara spesifik memang belum atau bahkan tidak pernah baku, karena setiap daerah, negara, kota, dan bahkan setiap orang memiliki definisi dan attitude-nya sendiri dalam menerjemahkan SP. Beberapa sumber di website-website senior banyak menuliskan tentang apa itu SP, klik disini. Namun beberapa hal yang sudah baku mengenai aturan utama dari SP adalah (1) unstaged dan unposed, yaitu diambil tanpa mengatur atau menyetting segala pose dan perilaku subyek secara langsung. (2) foto diambil di tempat publik atau semi-publik. (3) secara spesifik mengangkat isu-isu ringan dan bersifat keseharian (daily life). (4) visual yang ditampilkan cenderung unik, ambigu, ironis, jukstaposisi, humor, surreal, dan/atau absurd yang biasanya terkesan 'wah!', silahkan baca disini. Namun seperti yang sebelumnya telah dikatakan bahwa setiap orang pun memiliki style dan attitude yang berbeda dalam menerjemahkan SP, anda bisa bandingkan website SP dari Asia dan Eropa melalui opini-opini dan foto-foto yang ditampilkan di galeri web masing-masing.

Dengan begitu sikap dan perilaku masyarakat masih belum 'baku' dalam menanggapi SP, sehingga definisi dan style nya masih akan banyak berubah dan terus diperbarui sesuai perkembangan jaman. Dengan definisi yang lebih cair ini diharapkan walking in ngalam  menjadi salah satu galeri kolektif yang menyumbangkan kekayaan visual tentang street photography di Kota Malang. Sehingga dapat memperluas dan lebih memasyarakatkan fotografi dokumenter kepada setiap orang, terutama dengan pendekatan street photography yang sampai saat ini masih kita lakukan secara konsisten meskipun masih terdapat banyak kekurangan dalam pengetahuan dan referensi. Dengan adanya web ini diharapkan kami dan seluruh rekan-rekan akan terus berproses dan berpartisipasi dalam kegiatan mendokumentasikan 'the place we live in' dengan memanfaatkan penemuan paling dahsyat dalam sejarah visual, yaitu fotografi.



salam :)