Monday 9 January 2023

Walkingalam Of The Week - Edisi 254

Selamat kepada Yossy Agustino (@yossy.am), fotonya terpilih sebagai Walkingalam Of The Week ke 254. Walkingalam Of The Week (OTW) merupakan featured image rutin dari Walkingalam untuk mengapresiasi nawak-nawak yang telah menggunakan tagar #walkingalam di unggahan feed instagram mereka. 

Yossy Agustino

Walkingalam OTW edisi kali ini dipilih oleh Tufail Rosyad. Berikut penjelasan terkait pemilihan foto mas Yossy.

"Menurut pandangan saya, foto ini ingin menampilkan suasana toleransi beragama. Sebagaimana foto tersebut menonjokan bangunan gereja "GPIB Immanuel" dengan jelas dan jamaah muslim. Terlepas dari teknik siluet yang digunakan pemotret, dua elemen besar itu sudah cukup menjadikan foto ini memiliki makna toleransi beragama.

Selain dua elemen utama, terdapat juga elemen pendukung yaitu pengeras suara. Imajinasi saya, pengeras suara ibaratnya sebagai alat untuk menyebarluaskan toleransi beragama kepada masyarakat, selain di Kota Malang.

Lalu bagaimana dengan siluet dinosaurus di tengah? Mungkin pemotret melihat dinosaurus tersebut sebuah hal yang lucu ataupun unik. Tidak lebih. Pada akhirnya yang bisa menjawab makna sebenarnya dari foto ini adalah sang fotografer."

Nawak-nawak yang lain, ayo terus upload foto kalian seputar Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu) menggunakan tagar #walkingalam. Boleh juga kalau mau tag akun @walkingalam di foto tersebut. Karya foto yang terpilih akan kami tampilkan di website ini, dengan tetap menampilkan nama fotografer. Sodrek terus, ker...!!!

4 comments:

Anonymous said...

Gass ker

ichaL said...

Apakah dinosaurus dapat diartikan kalau toleransi gak disebar, bisa punah kayak dinosaurus? Hehehe...

Jeruk anget said...

Sholat ied di alun2 bisa diartikan sebagai hari raya bagi pedagang balon, setelah atau bahkan sebelum sholat merek telah siap menjajakan mainan bagi anak2 yang datang ke alun2, dan si fotografer jalanan kerap bermain dengan hal ini untuk menghadirkan surealisasi ditengah perayaan hari raya.

yossy said...

Thanks min sdh di feature
Semoga teman2 semua ttp semangat motret

Setuju dengan pandangan mas tufail & mas ichal, ft tsb mmg sy ambil selesai idul adha 2022. Krn melihat banyak ft2 tentang keberagaman beragama yg di ambil di spot ini jg, disini sy mencoba membuatnya berbeda.

Frame yg di dlm foto
Elemen 1 : Orang selesai sholat - (umat beragama)
Elemet 2 : Gereja - (toleransi kerukunan)
Elemet 3 : Dinosaurus - binatang yang telah punah
Elemet 4 : Toa - (pengumuman/ informasi/ penyebaran)
Tehnik ft : Silhoutte - (gelap/ tidak jelas)

Sudah jelas klo elemen 1 & 2 di gabung jawabannya adalah keanekaragaman/ toleransi beragama, namun bagaimana jikalau ke 4 elemenya + silhoutte di gabung?

Mungkinkah maknanya menjadi himbauan agar "Selalu jaga toleransi kerukunan beragama agar tidak punah"