Friday 17 February 2023

Liputan Sharing Himafo x Walkingalam

Selasa, 14 Februari 2023, Walkingalam mendapat kesempatan untuk sharing kepada anggota Himafo. Sedikit gerimis yang turun menjelang acara tidak menyurutkan semangat nawak-nawak untuk datang ke Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang. Kegiatan sharing kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yaitu photowalk yang diadakan pada tanggal 12 Februari 2023 di Car Free Day Ijen Kota Malang.

Diawali dengan memperkenalkan Walkingalam kepada para anggota Himafo, kemudian dilanjutkan dengan presentasi foto oleh salah satu peserta photowalk. Setelah selesai menyimak presentasi foto, Rizki Dwi Putra sebagai pembicara utama memberikan penjelasan mengenai bagaimana foto portrait bisa memiliki kekuatan jika fotografer bisa memiliki informasi-informasi dari subyek yang dipotret. 

Selain foto portrait, juga dijelaskan mengenai street photography dengan menampilkan beberapa foto yang berasal dari instagram Walkingalam. Acara sharing bersama ini lebih banyak menampilkan arsip foto street dari instagram Walkingalam, foto cerita dari Rizki dan juga foto dari Joshua Irwandi yang sempat ramai menjadi perbincangan pada tahun 2020.

Joshua Irwandi

Ada beberapa pertanyaan cukup menarik dilemparkan oleh anggota-anggota Himafo. Yang pertama tanggapannya terhadap foto Joshua Irwandi yang pernah viral karena banyak beranggapan sebagai buzzer , dan yang kedua bagaimana cara motret yang bagus meski tanpa kamera dslr/mirrorless atau iphone.


Dalam konteks pertanyaan pertama, Rizki yang cukup mengenal seorang Joshua Irwandi mengatakan bahwa foto tersebut bisa terjadi karena adanya “Privilege” Joshua Irwandi yang keluarganya memiliki bisnis di lingkup rumah sakit. Pada saat itu, bisa dikatakan hanya Joshua Irwandi yang bisa melakukan pemotretan korban virus corona di ruangan rumah sakit. Jadi tidak dapat dipungkiri bahwa adanya “Privilege” sangat mendukung bagi seorang fotografer terkhusus bagi pewarta foto.


Lalu menjawab pertanyaan kedua, “sebenarnya untuk tahap belajar foto bisa maksimalkan apa yang ada dahulu meskipun tanpa dslr/iphone. Ponsel android pun saat ini sudah cukup bagus untuk memotret. Namun dengan syarat tidak melupakan hal teknis maupun dasar dalam fotografi”.

Teks: Tufail Rosyad
Editor: Rizal Pratama

No comments: