Monday 13 February 2023

Walkingalam Of The Week - Edisi 259

Selamat kepada Mamex Erdianto (@mamexerdiantocentangbiru), fotonya terpilih sebagai Walkingalam Of The Week ke 259. Walkingalam Of The Week (OTW) merupakan featured image rutin dari Walkingalam untuk mengapresiasi nawak-nawak yang telah menggunakan tagar #walkingalam di unggahan feed instagram mereka. 

Mamex Erdianto

Walkingalam OTW edisi kali ini dipilih oleh Rizal Pratama. Berikut penjelasan terkait pemilihan foto mas Mamex.

"Banyak orang datang ke Klenteng Eng An Kiong pada hari perayaan Cap Go Meh. Tidak hanya warga etnis Tionghoa. Ada yang sekadar menunggu tampilan atraksi barongsai, ada juga yang memang berniat mengabadikan momen menarik yang ditemui. Kedua hal itu tergambarkan dengan sangat baik melalui foto yang diunggah oleh mas Mamex.

Dari sisi konteks, hanya itu yang bisa dibahas. Foto ini memang lebih terasa kekuatannya dari sisi teknis. Apa saja itu? 

Sebelumnya, mungkin kita bisa bersepakat bahwa memotret di sebuah event yang rutin diadakan di tempat yang sama, dengan elemen acara yang sama, dapat memunculkan rasa bosan. Salah satu cara untuk bisa menghadapi tantangan itu adalah dengan melatih kejelian pada hal-hal kecil yang melintas di depan mata. Saya yakin, stiker Doraemon lah yang menarik perhatian mas Mamex sebelum mengatur komposisi dari balik jendela bidik kamera. 

Stiker Doraemon itu menjadi kontras ketika pandangan kita beradu dengan yang memegang ponselnya. Kita mungkin bisa berdebat tentang apakah ponsel tersebut milik si pria paruh baya. Namun itulah daya tarik utama pada foto ini.

Foto ini pun menjadi street banget karena 3 sebab: repetisi, timing, dan bonus. Repetisi warna kuning dari kaos yang dipakai oleh subyek utama dan cat bangunan di latar belakang, menghadirkan visual yang nyaman, meski scene yang dipotret cukup padat. Belum lagi kedua subyek pada latar depan sama-sama mengenakan kacamata dengan bentuk bingkai yang agak mirip.

Berikutnya mengenai timing, atau momen ketika tombol rana ditekan. Terlihat betul bahwa mas Mamex menunggu hingga anak kecil itu lewat pada area kosong di antara kedua subyek. Sebuah keputusan yang patut diapresiasi, mengingat gestur dari subyek utama bisa saja berganti. Apakah mas Mamex dihinggapi perasaan deg-degan ketika mempertaruhkan keputusan tersebut dalam waktu sepersekian detik ketika sudah membidik dan mengunci fokus? 

Terakhir, bonus. Sebuah foto street kadang memiliki bonus yang baru kita sadari ketika melihat kembali fotonya. Pada foto ini saya melihat bonus pada topi berlogo NY. Memang sih, itu logo klub baseball New York Yankees. Cocoklogi yang membawa saya pada singkatan dari New Year. Sebuah cocoklogi yang tidak penting-penting amat bukan?😂😂"

Nawak-nawak yang lain, ayo terus upload foto kalian seputar Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu). Gunakan tagar #walkingalam dan tag akun @walkingalam di foto tersebut. Karya foto yang terpilih akan kami tampilkan di website ini, dengan tetap menampilkan nama fotografer. Sodrek terus, ker...!!!

No comments: